Minggu, 12 Juni 2011

Pemanfaatan TIK disekolahku

Pemanfaatan TIK di sekolahku

Zaman sekarang gak kenal internet ! Apa kata dunia ?

Hai temen-temen seperti yang sudah kita ketahui hampir seluruh SMP dan SMA di Indonesia apalagi di perkotaan telah memiliki mata pelajaran TIK. Contohnya : Saya sudah belajar TIK sejak Saya kelas 1 SMP waktu itu Saya baru belajar tentang penguasaan Microsoft Word and Excel dan Saya diajarin lebih dalam mengenai Microsoft lainnya seperti Internet, Microsoft Power Point,dan Corel Draw dan itu sangat membantu Saya dalam mengerjakan tugas-tugas saya, baik dalam mencari informasi(PR) dan membuat Tugas Lainnya. Tapi sangat disayangkan ya temen-temen, di daerah pedalaman mereka tuh belum tentu tau apa yang dimaksud dengan TIK. Oh ya! Sebelum bahas lebih lanjut tentang TIK kita harus tau apa yang dimaksud dengan TIK. TIK adalah singkatan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, TIK ini mata pelajaran yang ngebahas tentang teknologi khususnya yang berkaitan dengan komputer.Nah sekarang saya akan nyebutin beberapa point tentang pemanfaatan TIK disekolah,yaitu:


1.Membantu dalam pengerjaan membuat laporan belajar

Yah ini perlu banget karena sekarang tuh banyak banget guru-guru yang nyuruh muridnya ngebuat bahan diskusi berupa laporan bukannya hanya sekarang tapi juga untuk tahun-tahun kedepan kita butuh banget belajar TIK karna bukan hanya ngebuat laporan dalam bentuk tulisan tapi juga dalam bentuk angka bahkan juga grafik.


2.Membantu mencari informasi dan menambah wawasan melalui INTERNET

Yah inilah salah satu tujuan adanya pelajaran TIK.Pelajaran ini mengajarkan kita untuk mencari informasi yang lebih luas dari seluruh belahan dunia.Sekarang bukan hanya dibuku temen-temen bisa belajar tapi juga melalui mata pelajaran TIK khususnya yang membahas tentang INTERNET. Nah apa itu internet dan kapan pertama kali internet ditemukan?

Jawab:

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif

Sejarah internet
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Dengan adanya internet siswa-siswa juga dapat lebih aktif dan berpikir kritis.Gak salahkan kalo saya bilang bukan hanya buku yang menjadi jendela dunia tapi internet juga.
apalagi sekarang disekolah saya yaitu SMPN 04 Rangkasbitung sudah dilengkapi dengan fasilitas Internet hot-Spot
bisa seru tuh belajar internet dilingkungan sekolah . . .

saya mau kasih pesan nih kepada temen-temen sekalian, Jangan Menyalah gunakan Internet okey ! nanti bukan diri sendiri yang rugi tapi juga orang lain !
Remember That Okey

Blinking Text Live - http://www.blinkingtextlive.com



SMPN 04 Rangkasbitung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Photobucket

My Profle

Foto saya
Rangkasbitung,Banten, Indonesia

Searching Here